Sunday, May 13, 2012

PGP



PGP, Pretty Good Privacy, merupakan salah satu implementasi dari teknik enkripsi ("encryption") dalam sebuah program. PGP dapat digunakan untuk:
  • meng"encrypt" (mengkodekan) sebuah berkas sehingga hanya orang yang dituju atau pemilik berkas yang bisa meng"decrypt" kembali   
  • membuat "digital signature" sehingga orang dapat meyakinkan bahwa tulisan atau artikel yang ditulis tersebut betul-betul berasal dari penulis 

Berbeda dengan teknik encryption yang konvensional, PGP menggunakan dua kunci untuk melakukan proses encryption dan decryption. Teknik encryption konventional membutuhkan kunci yang sama untuk melakukan proses tersebut. Cara yang konventional ini kurang praktis, sebab untuk mengirimkan kunci tersebut bisa saja informasinya disadap orang lain. Dengan adanya dua kunci (key): public dan private, anda dapat mengumumkan public key anda dimana saja (di tempat umum, lewat e-mail, newsgroup atau metoda lainnya), sementara hanya anda yang tahu private key anda.

Implementasi PGP dapat diperoleh untuk berbagai jenis komputer dan sistem yang digunakan, seperti MS-DOS, UNIX, Macintosh, dan lain sebagainya. Ada dua jenis implementasi PGP: yang berlaku di Amerika Serikat (US) dan yang berlaku di luar Amerika Serikat. Perbedaan implementasi ini disebabkan oleh adanya patent algoritma RSA yang digunakan dalam PGP.

PGP pada mulanya dikembangkan oleh Phil Zimmermann.

PGP karena menggunakan public key system pada akhirnya akan membutuhkan infrastruktur kunci publik, IKP (Public Key Infrastructure, PKI).


Bahan Bacaan
   1. Simson Garfinkel, "PGP: Pretty Good Privacy", O'Reilly & Associates, Inc., 1995. 


ENSIKLOPEDIA KOMPUTER DAN INTERNET

0 comments:

Post a Comment