Sunday, May 13, 2012

Arti Sebuah "Jabat Tangan"


Dial Up Networking
Penulis: **


Dial-up networking merupakan cara paling sederhana untuk terhubung ke internet: Anda hanya perlu terhubung ke saluran telepon Anda menggunakan modem, jika Anda sudah berlangganan ISP. Kebanyakan, tool software yang Anda butuhkan sudah ada pada Windows; beberapa ISP, seperti Earthlink, "memoles" user interface untuk mempermudah setup. Apapun cara yang digunakan, para pelanggan dial-up biasanya hanya perlu memasukkan user name dan password, selain nomor telepon ISP, ke kotak dialog yang muncul. Software dial-up networking menggunakan informasi untuk membangun koneksi dengan ISP dan melakukan pekerjaan lainnya. Setelah setup, yang harus dilakukan pelanggan adalah membangun koneksi dengan meng-klik-ganda sebuah ikon.

Ketika Anda melakukan proses "jabat tangan" ini, dial-up networking pertama kali mengarahkan modem Anda ke nomor telepon ISP, yang kemudian dijawab oleh modem lain di seberang sana. Untuk beberapa detik modem-modem itu saling mengirim sinyal kontrol untuk menentukan seberapa cepat masing-masing modem bisa terkoneksi. Suara berciut-ciut yang biasa Anda dengar ketika modem Anda pertama kali terhubung adalah suara modem Anda dan modem ISP "mengharmoniskan" koneksi dan menentukan kecepatan yang digunakan.

Jika koneksi telah tercipta, modem Anda akan membungkam speaker internal-nya, dan dial-up networking mengirimkan user name dan password Anda ke ISP menggunakan proses yang disebut CHAP (challenge handshake authentication protocol). Di tempat ISP, sebuah komputer mengecek user name dan password Anda pada database konsumen. Jika ISP sudah mengotorisasi informasi Anda, status window dial-up networking menghilang, dan Anda bebas menjelajah internet, mengecek dan mengirim e-mail, men-download file, dan sebagainya. Semua proses ini bisa berlangsung 30 detik sampai 2 menit.


infokomputer.com, 

0 comments:

Post a Comment